DMG Seven adalah pilihan tepat untuk meningkatkan produktivitas dan Kualitas personal dan lembaga

Communication Skills

Hari ini harus lebih baik dari hari kemaren, hari esok harus lebih baik dari hari ini   Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan untuk kepentingan tertentu yang melibatkan antara dua orang maupun lebih dari dua orang. Secara akademis komunikasi didefiniskan Larry A Samovar, Richard E Porter dan Nemi C Janin dalam bukunya Understanding Intercultural Communication mendefinisikan komunikasi sebagai berikut : “Communication is defined as a two way on going, berhaviour affecting process in which one person (a source) intentionally encodes and transmits a message throught a channel to an intended audience (receiver) in order to induce a particular attitude or behaviour” (Purwasito, 2003 : 198). Tujuan dari sebuah komunikasi adalah bagaimana pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh komunikan sesuai tujuan komunikator. Untuk tercapainya tujuan dari sebuah komunikasi, maka penting untuk dipelajari standar komuniukasi yang efektif dan produktif serta nilai – nilai dalam berkomunikasi. Para ahli komunikasi menulis tentang komunikasi, diantaranya adalah :
  1. Komunikasi adalah suatu proses, artinya komunikasi merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan (ada tahapan atau sekuensi) serta berkaitan satu sama lainnya dalam kurun waktu tertentu.
  2. Komunikasi adalah suatu upaya yang disengaja serta mempunyai tujuan. Komunikasi adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sadar, disengaja, serta sesuai dengan tujuan atau keinginan dari pelakunya.
  3. Komunikasi menuntut adanya partisipasi dan kerja sama dari para pelaku yang terlibat kegiatan komunikasi akan berlangsung baik apabila pihak-pihak yang berkomunikasi (dua orang atau lebih) sama-sama ikut terlibat dan sama-sama mempunyai perhatian yang sama terhadap topik pesan yang disampaikan.
  4. Komunikasi bersifat simbolis karena dilakukan dengan menggunakan lambang-lambang. Lambang yang paling umum digunakan dalam komunikasi antar manusia adalah bahasaverbal dalam bentuk kata-kata, kalimat, angka-angka atau tanda-tanda lainnya.
  5. Komunikasi bersifat transaksional. Komunikasi pada dasarnya menuntut dua tindakan, yaitu memberi dan menerima. Dua tindakan tersebut tentunya perlu dilakukan secara seimbang atau porsional.
  6. Komunikasi menembus faktor ruang dan waktu Maksudnya bahwa para pelaku yang terlibat dalam komunikasi tidak harus hadir pada waktu serta tempat yang sama. Dengan adanya berbagai produk teknologi komunikasi seperti telepon, internet, faximili, dan lain-lain, faktor ruang dan waktu tidak lagi menjadi masalah dalam berkomunikasi. (Riswandi, 2006).
Secara sederhana dalam berkomunikasi tampak pada diri setiap orang, diantaranya : Saya ingin menyampaikan apa ya ? Bagaimana cara saya menyampaikannya ? Kepada siapa ya akan menyampaikan keinginan saya ? Bagaimana ya reaksi orang setelah mendengar /atau mengetahui tentang penyampaian saya ? Siapa saja yang diuntungkan dari apa yang saya sampaikan ? Adakah dampak negatif terhadap saya ataupun pihak – pihak lainnya dari apa yang saya sampaikan ? —– bersambung ——

    Konten ( Centang salah satu )
    Suara pembacaKonsultasi

    Nama

    Usia

    Nomor WhatsApp

    Email

    Komentar dan Informasi